Pendokumentasian hasil advokasi terhadap penggunaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Pendidikan menjadi salah satu capaian penting dari program ini. KOPEL, melalui advokasi yang intensif, berhasil mendokumentasikan berbagai temuan dan rekomendasi terkait penggunaan DAK. Temuan-temuan ini mencakup aspek transparansi, efektivitas, dan akuntabilitas, yang kemudian menjadi dasar bagi DPRD untuk menindaklanjuti melalui penguatan fungsi pengawasannya.
DPRD, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, merespons hasil advokasi tersebut dengan membentuk mekanisme pengawasan yang lebih terstruktur, termasuk inisiasi forum pengawasan bersama. Forum ini melibatkan DPRD, pengawas sekolah, dan masyarakat, yang berfungsi untuk memantau penggunaan DAK secara langsung. Melalui upaya ini, alokasi dana menjadi lebih tepat sasaran, mendukung perbaikan fasilitas sekolah, penyediaan sarana belajar, serta peningkatan kapasitas guru.
Program ini sendiri merupakan hasil kerja sama KOPEL dengan Yayasan TIFA yang dimulai pada tahun 2012. Program ini menginisiasi pembentukan forum bersama antara DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota untuk memperkuat pengawasan terhadap DAK Pendidikan. Dengan adanya forum ini, kolaborasi lintas tingkat legislatif berhasil menciptakan dampak nyata dalam meningkatkan kualitas pendidikan, sekaligus menjadi model pengawasan yang efektif untuk dana publik lainnya.