Memperkuat Advokasi OMS dalam Meningkatkan Akuntabilitas dan Transparansi Pemerintah Daerah di Kabupaten Sinjai

25 Desember 2024

The article in English is not yet available.

25 December 2024

Program Strengthening Integrity and Accountability Program 2 (SIAP 2) di Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, telah berhasil meningkatkan kemampuan organisasi masyarakat sipil (OMS) dalam melakukan advokasi pelayanan publik. CSO membuka pengaduan pelayanan publik, melakukan dialog dan menjembatani kasus-kasus pelayanan publik yang dihadapi warga. Melalui program ini, OMS di Sinjai memainkan peran penting dalam mendorong integritas dan akuntabilitas pemerintah daerah, khususnya di sektor layanan kesehatan dan pendidikan. Advokasi yang dilakukan OMS mampu memengaruhi kebijakan publik, memperbaiki transparansi anggaran, serta memastikan pengawasan masyarakat terhadap implementasi kebijakan yang lebih inklusif dan akuntabel.

Keberhasilan ini merupakan bagian dari kerja sama strategis antara KOPEL Indonesia dan YAPPIKA, atas dukungan USAID dalam program SIAP 2 pada tahun 2012-2014. Program ini dirancang untuk memperkuat tata kelola pemerintahan dengan fokus pada pencegahan korupsi, peningkatan transparansi, dan akuntabilitas publik. Melalui pelatihan, pendampingan, dan advokasi intensif, SIAP 2 berhasil mengintegrasikan praktik tata kelola yang baik sebagai standar operasional pemerintah daerah, sekaligus memperkuat kapasitas masyarakat sipil untuk mengawal reformasi tata kelola secara berkelanjutan.